24 Januari 2008

Kata-kata Bijak

Horce Mann:
"Tidak berbuat apa-apa bagi sesama itu sama dengan meniadakan diri kita sendiri. Kita harus bersikap baik dan murah hati, kalau tidak, kita melewatkan bagian terbaik dari kebenaran. Hati yang melampaui dirinnya sendriri menjadi lebih besar dan penuh sukacita. Ini rahasia kehidupan batin. Kita paling menguntungkan diri sendiri ketika kita berbuat sesuatu bagi sesama"

Socrates:
"Hidup yang tidak teruji adalah hidup yang tidak layak untuk dihidupi (unexamined life is not worth living). Hanya ada satu tempat di dunia ini di mana manusi terbebas dari segala ujian hidup, yakni kuburan. Berarti, tanda bahwa manusia tersebut masih hidup adalah ketika dia mengalami ujian, kegagalan, dan penderitaan. Labih baik kita tahu kenapa kita gagal dari pada tidak tahu kenapa kita tidak berhasil".

Kesejahteraan adalah gagasan, diperlukan langkah nyata untuk mencapainya. Kesejahteraan adalah tunas harapan, diperlukan optimisme untuk menumbuhkannya.
Kesejahteraan adalah USAHA, diperlukan keteguhan hati untuk mencapainya.

John Sifonis:
"Different isn’t always better but the best always different".
(Berbeda tidak selalu lebih baik, namun yang terbaik selalu berbeda).

Martin Luther King:
"Jika seseorang terpanggil menjadi tukang sapu jalan, hendaklah ia menyapu jalan sebagaimana Michael Angelo melukis atau Beethoven menciptakan musik atau Shakespeare menulis puisi. Hendaknya ia menyapu jalan dengan sangat baik sehingga segenap isi surga dan bumi serentak menghentikan kegiatan mereka dan berkata, di sini tinggal seorang penyapu jalan yang agung yang menjalankan tugasnya dengan sangat baik".

Ziggy:
"Ánda bisa mengeluh karena mawar berduri atau bersukacita karena duri berbunga mawar"
"Ketika kita memandang permasalahan dan beban itu berasal dari dalam diri kita, justru pada saat itu sebenarnya kitalah yang sedang bermasalah." Sedangkan pepatah Cina mangatakan "Daripada mengutuki kegelapan lebih baik ambil sebatang lilin dan nyalakan." (Stephen Covey)

Isabel Moore:
"KEHIDUPAN ini ibarat jalan satu arah. Seberapa banyak pun perubahan rute yang Anda tempuh tidak satu pun akan membawa Anda kembali. Begitu Anda mengetahui dan menerima hal itu, kehidupan akan tampak menjadi jauh lebih sederhana.

Glenn Clark:
"Jika Anda ingin menempuh jarak jauh dan cepat, maka ringankanlah beban Anda. Tinggalkan segala iri, kecemburuan ketidakrelaan mengampuni, sikap mementingkan diri sendiri dan ketakutan."

Thomas Alfa Edison:
"Banyak orang yang gagal adalah orang yang tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan kesuksesan saat mereka menyerah"

Dorothy Law Nolte:
Kalau seorang anak hidup dengan kritik, ia akan belajar menghukum.
Kalau seorang anak hidup dengan permusuhan, ia akan belajar kekerasan.
Kalau seorang anak hidup dengan olokan, maka ia akan belajar menjadi malu.
Kalau seorang anak hidup dengan rasa malu, ia akan belajar merasa bersalah
Kalau seorang anak hidup dengan dorongan, ia akan belajar menjalankan keadilan
Kalau seorang anak hidup dengan ketenteraman, ia belajar tentang iman.
Kalau seorang anak hidup dengan dukungan, ia belajar menyukai dirinya sendiri
Kalau seorang anak hidup dengan penerimaan serta persahabatan, ia akan belajar untuk mencintai dunia.

Pepatah Indian Kuno:
"When you were born, you cried and the world rejoice. Live your life in such a manner than when die, the world cries and you rejoice."
(Ketika kau lahir, kau menangis dan dunia berbahagia. Jalani kehidupanmu dengan berarti, maka ketika engkau meninggal dunia akan menangisimu dan engkau bahagia)

Abaraham Lincoln:
"Tidak ada orang yang tersesat dijalan yang lurus"
Parlindungan Marpaung:
Saat orang lain diam, kita mulai berjalan.
Saat orang lain jalan, kita mulai berlari.
Saat orang berlari, kita sudah sampai.
Saat orang lain sampai, kita istirahat.
Saat orang istirahat, kita sudah mulai jalan lagi.